PMA (Positive Mental Attitude) dalam Bermain Games

Beberapa saat yang lalu penulis sempat membahas tentang istilah tilt saat bermain games. Pada pembahasan tersebut pula penulis memberikan tips untuk mencegah tilt ini terjadi. Salah satu tipsnya adalah dengan menerapkan PMA. PMA kepanjangan dari positive mental attitude. Dalam bahasa kita, bisa disebut dengan sikap mental positif. Istilah PMA ini sering kita dengar juga dari komunitas, seperti komunitas yang ada di warnet. Biasanya mereka menjawab pertanyaan “Yakin bisa naik tier ranked lo?” dengan jawaban, “PMA, aja

Dalam pos ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai PMA. Mulai dari arti kata PMA, awal istilah ini digunakan, serta tips untuk tetap PMA. Pastikan simak sampai selesai.

Arti PMA

Saat mendengar kata PMA, pasti kamu bertanya-tanya, PMA itu yang gimana sih? Jadi singkat saja, PMA ini adalah sikap mental yang membangkitkan rasa ingin berhasil. Istilah PMA ini dikenalkan oleh Napoleon Hill pada tahun 1930-an. Dia menyebutkan bahwa, PMA ini merupakan faktor kunci untuk mencapai kesuksesesan. Tujuan PMA ini cukup sederhana, yaitu membantu menenangkan pikiran untuk mencapai target kesuksesan. Dengan demikian, kesalahan yang tidak perlu dapat diminimalisir dan target dapat diraih.

Dari penjelasan sebelumnya kita tahu bahwa PMA ini bicara mengenai kesuksesan dalam arti yang luas. Salah satu contoh kesuksesan tersebut bisa terdapat dalam game dimainkan. Bisa seperti, memenangkan pertandingan dalam ranked match di game kompetitif.  Atau beberapa hal yang lainnya. Pada dasarnya PMA membantu kalian untuk meraih tujuan.

Lalu bagaimana cara untuk memupuk PMA dalam pikiran kita. Disini ada beberapa tips yang dapat kalian terapkan. Namun pada kasus PMA dalam bermain games. Berikut beberapa tipsnya,

Baca Juga  Game PlayStation Akan Hadir dalam Platform Mobile
Buat tujuan yang jelas

Pada dasarnya game kompetitif punya objektif/tujuan yang diraih yaitu kemenangan. Namun kemenangan tersebut bisa diraih dengan melakukan objektif kecil lainnya. Mari kita ambil contoh di game MOBA, untuk memenangkan pertandingan ada beberapa objektif kecil yang harus dilakukan. Objektif tersebut misalnya, farming untuk membeli item, membunuh monster untuk mendapat buff, dan lain-lain. Objektif kecil yang jelas itu bisa kamu coba untuk raih dahulu. Dengan demikian maka, objektif utama semakin dekat.

Pastikan, bahwa objektif tersebut dapat kamu ingat dalam pikiran dan cobalah untuk fokus.  Jika objektif tidak mampu diraih, ingat juga bahwa objektif utama masih dapat diraih dengan cara lain. Dengan demikian kamu tidak akan perlu panik saat ada momen kekalahan. Apalagi dalam game kompetitif kita cukup sering mendengar adanya comeback. Jadi tetap fokus dan optimis!

Komunikasi adalah kunci

Komunikasi dengan tim bisa mempengaruhi kondisi mentalmu. Jadi, gunakan kata-kata yang positif dalam berkomunikasi. Hindari pula untuk berinteraksi dengan pemain lain yang berkata-kata agresif dan toksik. Untuk hal tersebut, kamu bisa menggunakan fungsi mute. Akan lebih baik, apabila pesan positif terbawa dalam tim. Koordinasi akan lebih mudah dan pencapaian objektif bisa dilakukan. Maka untuk itu pula, kamu dapat membawa teman party untuk memberikanmu aura positif secara bergantian.

Kuasai dan terima dirimu

Terakhir, menerima diri adalah hal yang terbaik. Dalam artian, ada beberapa hal yang tidak selalu berjalan semestinya. Kadang, blunder dapat terjadi di diri sendiri. Maka dari itu jadikan kesalahan sebelumnya sebagai bagian dari proses. Dengan demikian, sikap PMA dapat dipertahankan dan tilt tidak lagi terjadi. Kemudian, berhenti untuk menyesali hal yang tidak bisa kamu kontrol. Hal tersebut seperti kemampuan/skill tim, komunikasi dari tim, dan lain sebagainya.  Kembali fokus terhadap objektif.

Baca Juga  Valorant Akan Tersedia Untuk Platform Mobile?

Pada akhirnya, PMA menjadi hal penting untuk mencapai kemenangan. Karena pada dasarnya, PMA membangkitkan rasa untuk berhasil. Dalam arti sempit, bisa berarti kemenangan dalam game. Dengan menetapkan tujuan yang jelas, komunikasi, dan menguasai diri, sikap PMA dapat dipertahankan dan membantumu meraih kemenangan. Sekian. Selalu PMA, guys!

Thanks! Cheer up!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *