Tips LoL: Wild Rift – Mengenal Laning dan Role

Wild Rift saat ini menjadi game MOBA yang namanya naik pesat di platform mobile. Jumlah pemain aktif dari hari ke hari mengalami adanya peningkatan. Artinya akan ada pemain baru yang muncul juga akan lebih banyak daripada sebelumnya. Bagi pemain yang biasa memainkan League di PC sebelumnya, beradaptasi bermain Wild Rift tidak akan menemui kendala yang berarti.

Namun, tidak semua player berasal dari bagian itu bukan? Ada yang baru saja memainkan MOBA dan tertarik bermain WR, ada pula yang familiar dengan game MOBA yang lain tetapi baru memainkan WR. Maka dari itu artikel ini ditulis. Untuk memberikan kalian yang merasa belum terbiasa dengan sistem/gameplay yang ada di WR. Di artikel bagian pertama ini, kita akan membahas mengenai champions role dan laning.

Bagi yang belum tau, champions adalah sebutan untuk hero di League. Role adalah peran yang dimainkan oleh tiap champions. Karena di League, role yang dimainkan oleh champions diatur, untuk simplify/menyederhanakan gameplay yang dimainkan. Dalam League, role yang diperankan oleh champions ada 5. Pemilihan role yang berbeda ini akan menentukan laning/lane utama yang harus ditempati oleh masing-masing role.

Pertama mari kita simak laning, kemudian dilanjutkan dengan champions role di League, khususnya Wild Rift,


Laning

Baron lane

Lane/jalur yang berdekatan dengan Baron pit, tempat Baron Nashor spawn/muncul. Di versi PC, baron lane dikenal dengan sebutan toplane karena berada di atas. Karena di Wild Rift ada rotasi pada map saat tim berada di sisi red, maka Baron lane dapat berada di sisi bawah. Cara paling mudah untuk mengetahui baron lane, adalah saat spawn pertama kali di rift akan ada tanda panah ungu yang bertuliskan solo. Maka disitulah letak baron lane.  

Baca Juga  Regional Closed Beta League of Legends: Wild Rift tersedia di Indonesia
Laning pada LoL Wild Rift

Dragon lane

Merupakan lane/jalur yang berdekatan dengan dragon pit. Dragon lane ditempati oleh carry dan support.

Mid lane

Lane/jalur yang berada di bagian tengah.

Jungler

Bagian hutan, selain baron lane, mid lane, dan dragon lane. Lane ini diisi oleh Jungler.


Champions Role

Solo laner/baron laner

Di Wild Rift, solo menempati baron lane. Class champions yang biasa di pick di lane ini adalah champions Tank dan Fighter. Champion tersebut seperti Garen, Nasus, Darius, Malphite, Singed, dls. Peran solo adalah untuk farm sebanyak-banyaknya, jangan sering mati, jadikan item, dan mendapatkan objektif first turret/turret pertama jika mampu.

Jika dalam match tersebut solo laner mendominasi maka jangan ragu untuk melakukan pushing baron lane hingga turret ke-2. Namun jika dirasa masih belum kuat, maka solo laner dapat membantu tim melakukan push lane yang lain. Tapi ingat prioritasmu, yaitu untuk farm. Jika push lane lain dirasa lambat kamu bisa kembali ke lane kamu dan melanjutkan farm.

Champion role di LoL Wild Rift

Mid laner

Mid laner menempati mid atau bagian tengah. Champion yang di-pick untuk bermain di midlane adalah champion yang punya kemampuan menghasilkan damage yang besar pada midgame maupun late game. Dapat diisi oleh champion Mage, Assasin, dan Fighter.

Champion tersebut seperti Yasuo, Zed, Ahri, Orianna, Lux, dls.

Intinya yang diharapkan dari midlaner adalah damage output-nya yang besar. Jadi pastikan untuk farm dan memprioritaskan item dibanding yang lainnya. Karena midlane ini berjarak yang dekat dengan solo lane dan duo lane. Maka midlaner dapat melakukan roaming/membantu lane lain untuk memprioritaskan kill jika di midlane mengalami kesulitan akibat hard counter. Setelah roaming pastikan kembali ke lane sendiri, clear wave, dan defend turret. Jangan sampai turret mid hancur lebih awal, karena akan memberikan kesempatan midlaner lawan untuk melakukan push lane lain.

Baca Juga  Kesan Pertama : Among Us, Asik Juga nih

Carry/marksman

Berada di dragon lane bersama dengan support. Dragon lane ditandai dengan tulisan duo berwarna biru saat baru masuk kedalam rift. Objektif utama dari carry adalah menghasilkan damage dari basic attack sebesar-besarnya pada mid-late game. Dengan demikian, champion yang menempati posisi carry biasanya merupakan champion range. Pastikan untuk selalu melakukan last hit minion dan fokus untuk menjadikan item. Karena sekali lagi carry bertujuan untuk scaling di mid hingga late game.

Champion carry tersebut seperi Ashe, Miss Fortune, Jinx, Jhin, Varus, dls. 

Support

Support berada di dragon lane bersama carry. Tugasnya adalah untuk memastikan carry aman saat war maupun membantu carry mendapatkan kill. Tugas yan lain dari support adalah memastikan ward di area objektif. Karena dragon lane berdekatan dengan objektif dragon, maka support harus memastikan ward untuk memberikan informasi kepada jungler. Item yang dibuat oleh support biasanya disebut sebagai item utility yang berfungsi biasanya dapat digunakan bersama dengan rekan yang lain. Support dapat pula mengganggu pergerakan carry lawan saat last hit sehingga miss beberapa minion.

Champion support yang biasa dimainkan Blitz, Braum, Lux, Nami, Janna, dls.

Jungler

Sama seperti namanya, jungler tidak berada di lane, melainkan di jungle/hutan. Jungler menggunakan spell smite dan prioritas farming-nya ada di jungle. Karena saat membawa spell smite, jika jungler farm di lane jumlah gold-nya akan terpangkas. Jadi jangan sekali-kali berada di lane dan membawa spell smite. Tugas jungler hampir sama dengan support. Bedanya jungler bertugas untuk melakukan ganking/membantu gank semua lane yang memerlukan bantuan. Selain itu jungler memastikan objektif seperti Rift Herald, Dragon, dan Baron didapatkan oleh tim. Class champion yang dapat dipilih untuk jungler beragam tergantung kebutuhan tim.

Baca Juga  Hal yang Kami Tahu Mengenai Apex Legends Mobile

Beberapa champion jungler yang sering digunakan Master Yi, Jarvan, Lee Sin, Camille, dsb.


Sekian, beberapa pengenalan Wild Rift khususnya mengenai laning dan champion role. Setelah ini akan dibahas mengenai tips untuk pemain pemula Wild Rift agar lebih mudah memahami gameplay Wild Rift.

Thanks! Cheer up!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *