Nostalgia Memainkan Game Flash dengan Flashpoint

Bagi anak yang lahir 90-an memainkan game flash mungkin sudah menjadi bagian dari budaya. Saat perangkat komputer belum terlalu punya spek yang diunggulkan, game flash menjadi fenomenal. Banyak dari developer indie mencoba untuk membuat game pertamanya dalam bentuk game flash. Termasuk Meatboy yang awalnya dibuat di platform flash.

Tentu, kembali memainkan game flash dapat membuat kita kembali nostagia sejenak. Apalagi dari beberapa games tersebut memang ada yang dibuat untuk dimainkan secara multiplayer.


Flash dan industri games

Dari sudut pandang lain kehadiran flash ini dinilai menjadi sejarah penting dalam industri games. Flash mempunyai aksesibilitas yang cukup baik. Serta kemudahan untuk melakukan pengembangan. Terutama untuk developer indie yang sedang merancang game pertama mereka. Apalagi saat itu flash punya dukungan kompabitilas browser. Memungkinkan game flash ini seamless dan mudah diakses oleh siapapun di internet.

Sayangnya kehadiran flash sebagai platform untuk game tidak bertahan lama. Apalagi sejak awal tahun 2021 lalu Adobe melakukan shutdown dukungan flash terhadap browser. Dengan demikian sejak waktu itu pula kita tidak dapat memainkan game flash melalui website yang menyediakan game ini. Alasan untuk menghentikan dukungan browser adalah teknologi flash yang sudah ketinggalan jaman. Selain hal itu masalah keamanan sudah mejadi masalah krusial yang dihadapi platform ini. Adobe pun tidak punya intensi maupun ketertarikan untuk mempertahankan flash mereka.

Dari flash, banyak yang mulai berubah dan mulai menggunakan HTML5. Dengan aksesibilitas serta dukungan yang baik HTML5 menjadi standar baru dalam internet. Menjadi sebuah revolusi baru dalam jagat maya yang membawa banyak sekali peningkatan. Teknologi baru yang dibawa oleh HTML5 membawa segenap fitur yang lebih baik dari flash. Dengan demikian platform flash-pun mulai ditinggalkan dan tidak tidak lagi menjadi standar dalam industri.

Baca Juga  The Big Con, Game Crime-Adventure Bernarasi 90-an Akan Hadir

Proyek penyelamatan games Flash

Issue dihapuskannya dukungan untuk game flash tersebut membuat komunitas mengumpulkan beberapa flash game yang ada di internet. Dengan proyek opensource yang dinamakan Flashpoint, kita bisa mengakses kembali library game flash yang pernah dipublikasikan di internet. Dengan menginstall aplikasi Flashpoint tersebut, list game flash dapat terlihat lengkap dengan thumnails-nya. Cocok untuk kamu yang ingin kembali nostagia memainkan games flash dimasa lalu.

Flashpoint ini menyediakan paket games flash yang beragam. Mulai dari paket ultimate menyediakan library games hingga 532 gb. Dalam paket tersebut kamu bisa memainkan setidaknya 30.000 judul games flash. Dalam paket ultimate kamu bisa melakukan update jika ada game baru yang datang. Jika paket tersebut dirasa terlalu besar kamu bisa mendownload paket infinity. Paket infinity tersebut berisikan games flash dalam paket compact berukuran 2gb.

Pada akhirnya, game flash punya tempat tersendiri di komunitas. Namun, dunia harus tetap maju berjalan. Hadirnya teknologi baru sudah lazim untuk menggantikan teknologi yang lama. Termasuk apa yang terjadi pada Flash ini hingga hal yang bisa kita bawa dari flash ini adalah nostalgia saja.

Thanks! Cheer up!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *