Dap, Game Psychedelic Horror Rilis Tahun Ini

Berbicara mengenai games horror, kita menjumpai banyak delivery yang coba developer bawa. Dalam artian elemen horror bisa jadi disisipkan dalam berbagai hal. Seperti narasi, tema, karakter, environtment, dan lain sebagainya. Namun ada game horror dengan pendekatan yang unik bernama Dap. Game ini membawa game horror dalam nuansa psychedelic, atau lebih mudahnya game ini disebut psychedelic horror.


Bagi yang belum tahu Psychedelic

Menurut beberapa sumber, psychedelic merujuk pada bagian halusinasi karena adanya pengaruh obat. Wow tenyata game ini membawa pendekatan yang cukup berbeda. Delivery game ini adalah mencoba untuk membawa kita berimajinasi apakah semua yang ada di game ini hanya mimpi. Realitanya, membawa efek psychedelic tanpa obat merupakan suatu hal yang sulit. Namun ternyata developer game Dap cukup berani dan berambisi dengan tetap mendevelop game ini dengan pendekatan yang sama.

Trailer Dap

Developer berbasis di Ausralia

Game ini di develop oleh Melting Parrot yang berisikan dua orang, Iris Anstey dan Paul Anstey. Keduanya merupakan pasangan suami dan istri. Basis developer ini ada di Melbourne, Australia. Melting Parrot awalnya mengenalkan Dap pada event PAX pada tahun 2020. Menampilkan trailer in-game game Dap dalam sebuah video. Trailer tersebut memperlihatkan gameplay Dap yang penuh dengan imajinasi dan seperti dalam mimpi.

Dap dikembangkan selama kurang lebih 2 tahun yang lalu. Dikembangkan dengan pengaruh dari banyak hal. Developer mengatakan bahwa game ini dipengaruhi oleh beberapa game maupun studio animasi. The Legends of Zelda, Abe’s Oddysee, serta Studio Ghibli menjadi pengaruh besar game ini. Pengaruh tersebut memang jika kita lihat sekilas ada yang muncul dalam video trailer game ini. Seperti pengaturan sudut top-down serta interaksi dalam game yang ada seperti dalam The Legends of Zelda.

Baca Juga  Tips LoL: Wild Rift - Mengenal Laning dan Role

Narasi yang ringan dengan atmosfer yang kuat

Bercerita tentang petualangan makhluk aneh yang kecil bernama Dap dalam hutan yang misterius. Objektifnya adalah mengumpulkan semua Dap yang ada dalam setiap eksplorasi. Tantangannya, pemain harus menghadapi beberapa musuh, menyelesaikan teka-teki, maupun mengungkap hal rahasia lainnya. Dalam eksplorasi tersebut pemain diharuskan untuk menghindari objek yang disebut Infections. Objek tersebut mengubah Dap menjadi monster yang berbahaya.

Dalam segi grafis, Dap membawa style grafis pixel art yang cukup atmosferik. Dengan warna dominan gelap disertai dengan tone warga gelap yang berpendar. Sekali lagi memperkuat nuansa atomosferik horrornya. Latar hutan yang dieksplorasi juga unik dengan beberapa objek aneh, tetapi membuat penasaran. Pemain bisa mengeksplorasi latar tempat seperti rawa, dungeon, hingga dunia roh. Disebutkan pula game ini akan membawa fitur looting dan crafting sederhana.


Pada halaman steamnya, Dap akan dirilis pada tahun 2021 ini. Walaupun demikian belum ada tanggal pasti untuk perilisannya. Menariknya, Melting Parrot mengeluarkan versi demonya. Paling tidak bisa memberikan beberapa insight menarik mengenai game ini sebelum rilis versi finalnya  nanti.

Demikian, semoga tahapan pengembangan game ini dilancarkan hingga rilisnya nanti.

Thanks! Cheer up!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *