Pembaruan Rune Patch 2.3 Berikan Variasi Gameplay

Rune merupakan mekanik dasar dalam permainan League. Rune reforged membawa banyak pilihan kepada pemain untuk menerapkan variasi build pada champions yang dimiliki. Tentu saja secara tidak langsung, variasi rune bisa mengubah jalannya pertandingan. Champions bisa saja dibuild menjadi apapun yang pemain inginkan berdasarkan rune yang dipilih. Terlepas dari scaling dasar yang setiap champions punya. Seperti champions tank dengan scaling health dan armor. Kemudian champions carry akan scale damage lebih besar. Ketepatan pemilihan rune menjadi faktor penting untuk menghadapi lawan. Terutama pada matchup solo laner maupun midlaner yang selalu trading damage di early game.

Patch 2.3 yang baru dirilis hari ini membawa beberapa perubahan dalam rune. Ada beberapa perubahan di Rune Utama (main rune) dan Rune Minor. Perubahan tersebut utamanya dibawa untuk balancing. Tujuannya agar gameplay menjadi lebih seimbang serta tidak membuat adanya meta yang dominan dari penggunaan rune tersebut. Disisi lain perubahan rune tersebut dilakukan untuk menarik pemain agar memainkan rune yang dirasa kurang menarik. Seperti yang terjadi pada rune Kleptomancy yang akhirnya digantikan oleh rune yang baru.

Di artikel ini kita akan coba untuk highlight beberapa perubahan yang ada di rune tersebut. Serta beberapa implementasi ingame yang mungkin terjadi. Untuk itu pastikan simak sampai selesai. Thanks! Cheer up!


Phase rush datang ke Wild Rift

Rune baru Phase Rush akhirnya datang ke Wild Rift menggantikan rune Kleptomancy. Menurut developer popularitas Kleptomancy yang kecil membuat rune ini akhirnya diganti. Dalam beberapa matchmaking pun penulis jarang menjumpai champions yang diduetkan dengan Klepto. Pada beberapa kasus mungkin Ezreal, Corki bisa dilihat menggunakan rune Klepto. Namun sekali lagi, jarang sekali. Dengan demikian rasanya layak untuk dipertimbangkan rune pengantinya, yaitu Phase Rush.

Baca Juga  Nemesis Duel, Event dan Mekanik Baru di Wild Rift

Phase Rush memberikan efek movement speed boost pada waktu yang singkat. Efek Phase Rush akan di trigger setelah champions memberikan 3 ability yang berbeda maupun 3 hit kepada champions lawan dalam waktu 4 detik. Selain memberikan efek movement speed bonus, phase rush memberikan slow resist sebanyak 75%. Rune ini merupakan rune dengan tipe utillity. Cocok digunakan untuk champions yang memerlukan tambahan mobilitas. Atau bisa saja digunakan untuk burst and run. Dalam artian memberikan damage melalui skill sebanyak-banyaknya selama 4 detik kemudian kabur. Champions seperti Aurelion Sol penulis kira akan cocok dengan rune ini. Atau bisa saja champions lain dengan penerapan playstyle yang sedikit berbeda dari biasanya.

Tweak ulang Font of Life

Rune Font of Life juga mendapatkan beberapa penyesuaian. Heal dari rune ini bisa tertrigger dengan basic hit maupun ability dan dapat diaktifkan oleh champions kamu sendiri maupun rekan setim. Selain itu efek healing didapatkan oleh keduanya. Tweak ini membuat Font of Life layak digunakan sebagai rune standar bagi support. Karena fokusnya hanyalah memberikan tanda kepada lawan. Kemudian rekan atau championsmu sendiri bisa mentrigger heal dari tanda tersebut. Semakin banyak champions lawan yang bisa ditandai potensi heal tim semakin besar.

Perubahan di Resolution Rune

Tidak ada lagi Backbone, Regeneration, dan Spirit Walker di minor rune Resolution. Pada minor rune resolution isinya adalah rune untuk bertahan/defensif. Ketiga rune tersebut digantikan oleh rune yang baru. Secara berurutan akan digantikan dengan Bone Plating, Second Wind, dan Adaptive Carapace. Efeknya sebagai berikut

  • Bone Plating (rune anti combo) kamu menerima damage yang lebih sedikit setelah setidaknya champions lawan melakukan hit maupun ability paling tidak 3 kali.
  • Second Wind (rune anti poke) mengatasi cicilan damage lawan dengan adanya penambahan regenerasi untuk setiap health yang hilang.
  • Adaptive Carapace, rune defensif saat health dibawah 50% disertai dengan adanya bonus health.
Baca Juga  Valorant Akan Tersedia Untuk Platform Mobile?

Beberapa rune minor baru tersebut memungkinkan segi pertahan yang lebih intens dibandingkan rune sebelumnya. Sangat cocok untuk champions yang memegang peran sebagai tank dalam match.

Minor tweak pada rune lainnya

Perubahan lainnya adalah buff pada rune Conditining yang sekarang menjadi scaling. Setiap dua menih champions mendapatkan 2 bonus armor dan magic resist. Bayangkan saat game memasuki late game, katakanlah 17 menit, champions bisa mendapatkan 34 armor dan MR. Hmm cukup membantu untuk scaling di late game.

Kebalikannya pada rune Mastermind ada nerf yang dilakukan. Rune ini tidak lagi memberikan bonus XP kepada champions setelah menyelesaikan sebuah objektif. Seperti membunuh monster epik maupun menghancurkan turret. Sebagai gantinya pemain mendapatkan jumlah gold yang lebih besar untuk setiap objektif.

Kemudian perubahan yang menarik adalah pada rune Sweet Tooth. Bonus gold sekarang tidak hanya untuk satu champions saja. Namun rekan setim yang berada di dekatnya mendapatkan bonus gold. Kehadirannya menjadi cukup penting bagi dragon laner yang berisi carry dan support. Mungkin setelah ini kita bisa melihat dragon lanor dengan rune ini memperberebutkan Honeyfruit yang berada di daerah river/sungai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *