Google Dukung Dev Indie Games Dalam Program Tahunannya

Indie games dalam komunitas mendapatkan tempatnya tersendiri. Bagi konsumen yang menginginkan hadirnya game baru dengan ide yang fresh, ekspekstasi itu ada di game indie. Walaupun dari sisi lain, developer game indie sebenarnya ditengah perjuangan untuk mewujudkan gamenya. Dengan beberapa keterbatasan sumber daya yang dimiliki, kita lihat banyak developer indie games yang berjuang dari bawah. Terlepas dari hal tersebut, kenyataannya memang game indie selalu membawa sesuatu yang baru di dunia games.

Seiring berjalannya waktu dukungan dari berbagai platform terhadap indie games semakin banyak. Google menjadi salah satunya, dengan program yang diberikan untuk mendukung pengembangan game indie. Program tersebut dinamakan dengan Indie Game Accelerator serta Indie Games Festival.  Progam ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Google. Keduanya hadir sebagai salah satu bentuk dukungan kepada indie developer untuk berkembang dalam platform yang Google punya yaitu Google Play. Dalam program ini Google menyatakan akan membantu developer indie games, terlepas berapa anggota dalam dev tersebut.


Cukup mengirim submisi

Dengan mengirim subsmisi program tersebut, game indie yang terpilih akan masuk dalam program. Tujuan program Indie Game Accelerator adalah untuk membantu developer merilis beberapa game baru. Lalu pada program Indie Games Festival, developer dapat memenangkan promosi untuk gamenya dalam platform Google Play. Kedua program ini berjalan secara bersamaan. Submisi akan dibuka pada tanggal 1 Juli 2021, satu bulan setelah program launching.

Indie Games Accelerator sama seperti namanya, akan membantu developer untuk mempercepat pembuatan gamenya. Google akan menyediakan pengetahuan serta mentor untuk mengakselerasi pengembangan games. Mentornya pun berasal dari expertise dari industri games. Program ini akan sangat membantu bagi developer yang sedang mendevelop gamesnya. Atau mungkin non-dev yang punya keinginan untuk membuat sebuah games. Google dengan program Indie Games Accelerator siap mewadahi. Hadirnya program ini, membuka peluang untuk hadirnya komunitas indie dev tersendiri pada platform Google Play. Dengan demikian tentu cukup menarik untuk mengikuti program ini.

Baca Juga  Mona, Game Puzzle-Atmosferik Buatan Satu Orang Indie Dev

Exposure dari Indie Games Festival

Beralih ke Indie Games Festival, pemenang event tahunan ini akan mendapatkan hadiah dan promosi.  Hadiah dalam bentuk uang apreasiasi. Kemudian promosi dalam bentuk penempatan spesial game pemenang dalam Google Play. Mungkin setelah event ini selesai kita akan melihat beberapa games pemenang dalam tab tersendiri yang dihighlight. Hadirnya Indie Games Festival ini dapat membantu developer yang mengalami kesulitan untuk mengenalkan gamenya. Submisi untuk program ini dibuka tanggal 1 Juli 2021 pada 3 region yaitu Eropa, Jepang, dan Korea Utara.

Pada akhirnya, selalu ada dukungan kepada yang memerlukan. Sama seperti program yang ditawarkan Google tersebut. Hadirnya dua program tersebut dinilai bisa menjadi salah satu jawaban dari tantangan dalam pengembangan indie games. Mulai dari progress yang sekarang bisa dipacu dengan hadirnya mentor. Serta exposure bagi game indie yang punya kualitas tapi belum menemukan tempatnya. Informasi lebih lengkapnya bisa kamu akses di halaman web resminya.


Thanks! Cheer up!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *